"Welcome to Zhyfa-Dukhita blog , thanks for your Visit. please give some commments and I will visit yours immediatelly"

Kamis, 10 Januari 2013

Makalah Sistem Kecerdasan Buatan Pada Game



KECERDASAN BUATAN (AI)
Konsep kecerdasan yang diberikan dalam permainan Cari Kata ini adalah pemberian kecerdasan pada komputer sehingga dia dapat berpikir layaknya manusia/pemain biasa bahkan lebih cerdas dari manusia.
Pemberian AI pada komputer dalam permainan Cari Kata ini adalah pemberian yang berupa strategi-strategi permainan yang mungkin dilakukan oleh komputer agar dapat mengimbangi atau malah menyaingi kemampuan bermain si pemain.
INITIAL STATE
Initial state dalam game Cari Kata ini akan menampilkan arena permainan dengan tampilan penempatan huruf yang acak, dimana dibawahnya terdapat nama objek yang harus dicari pada permainan ini. Dalam permainan ini Kata-kata tersebut bisa jadi mendatar, menurun dan diagonal.
Penggunaan tema game yang sederhana dimaksudkan untuk menambah kefokusan  pada pemainnya. Dan karena game ini merupakan salah satu permainan asah otak yang baik diterapkan kepada pemain terutama untuk anak-anak pada masa perkembangannya untuk melatih meningkatkan konsentrasi n motorik.
Didalam game ini terdapat menu awal antara lain :
1.            Start New Game         :  Jika menu ini di klik maka menandakan pemain sudah siap
untuk memulai permainan, dan waktu akan berjalan maju sampai pemain mampu menyelesaikan permainan.
2.      Difficulty                    : Menu ini terdapat 3 pilihan untuk tingkat kesulitan permainannya yaitu easy, normal, hard.
3.      Category                     : Jika menu ini di klik maka terdapat pilihan jenis permainan yaitu acak, alat music, Negara, Buah, Burung, Sayuran, dll.
4.      Sounds                        : Menu ini terdapat 2 pilihan untuk mengatur backsound yaitu on, off.
5.      Exit                             : Menu ini tidak terlihat pada pilihan, karena exit dilakukan dengan menutup jendela permainan. Dan didalamnya terdapat 3 pilihan yaitu cancel dan exit.
 RULES
Ada beberapa aturan dalam permainan ini, antara lain :
1.      Pada awal permainan belum  terdapat kata kunci di cari pada papan permainan.
2.      Permainan dimulai dengan pemain (Player/user) yang mencari kata kunci sesuai petunjuk permainan.
3.      Pemain dalam mencari kata kunci harus membentuk satu garis lurus baik vertikal, horizontal ataupun diagonal untuk memenangkan permainan ini.
4.      Komputer (AI) akan memunculkan garis warna apabila kata kunci yang di cari tersebut benar, sebaliknya komputer (AI) tidak akan memunculkan garis warna apabila kata kunci yang di cari salah.
5.      Apabila kata kunci yang dicari benar, maka kata kunci tersebut berubah warna gelap.
6.      Pada permainan ini tidak ada batas waktu permainan, waktu akan terus berjalan ketika pemain belum bisa menyelesaikan permainan.
7.      Jika pemain dapat memenangkan permainan ini maka secara otomatis akan muncul menu yang menunjukkan “Congratulation” dan jumlah waktu dalam menyelesaikan permainan Cari Kata ini.
GOAL
            Tujuan (goal) untuk menyelesaikan permainan ini adalah membuat sebuah garis lurus yang terdiri dari deretan huruf secara vertical, horizontal maupun diagonal.
Terdapat beberapa kondisi yang mungkin terjadi pada permainan ini, yaitu :
1.      KONDISI MENANG
Kondisi menang terjadi apabila kita berhasil membentuk sebuah garis lurus yang terdiri dari deretn huruf  sesuai kata kunci baik secara horizontal, vertikal maupun diagonal.
2.      KONDISI KALAH
 Kondisi kalah yang terjadi apabila pemain tidak berhasil mencari kata kunci/deretan huruf secara horizontal, vertikal ataupun diagonal. Akan tetapi pemain telah melakukan exit sebelum semua kata kunci terselesaikan.

PENJELASAN
Ketika pertama kali program ini dijalankan, program akan menampilkan form Tampilan Awal atau menu utama. Dimana form tersebut menyediakan halaman yang berisi gambar dari permainan ini. Terdapat pilihan menu seperti Difficulty Category, Sounds, Start New Game, Exit. Didalam masing-masing menu memiliki fungsi yang berbeda-beda (penjelasan tentang Difficulty Category, Sounds, Start New Game, dan Exit berada di halaman atas).

KESIMPULAN
 
1.  Penggunaan sistem kecerdasan buatan permainan ini untuk membantu menyelesaikan kata kuncipermainan.
2.   Semakin banyak objek yang mampu diselesaikan oleh Kecerdasan buatan dalam contoh pada permainanini, karena kecerdasan buatan mengalami perkembangan terus menerus sampai saat ini.


===Semoga Bermanfaat===










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

welcome to my blog.....